Sunday, October 28, 2007

Kesamaan Yang Tidak Sama

Suatu hari di Manila, Filipina.

Barista : "$#@%^%$&*@$%^#$..." (Ngomong pake bahasa Tagalog)
Gue : (bengong sambil mangap) "Sorry, I don't speak Tagalog."
Barista : "Oh sorry, I thought you're Philipino. Where do you come from?"
Gue : (nyengir garing)"No, I'm Indonesian."
Barista : "Oh... Ok. ...."



Itulah percakapan yang terjadi antara gue dan seorang Barista di sebuah Starbucks di manila, Filipina, waktu gue lagi berkunjung ke Filipina. Yah ga heran juga si, secara banyak muka-muka mereka (orang-orang Filipin) mukanya juga setipe-setipe sama orang Indonesia. *Setipe doank. Tapi tetep ada bedanya.*

Itu bukan satu-satunya percakapan yang terjadi selama gue di Manila. Hampir setiap kali gue harus berinteraksi dengan orang-orang Filipin, kalo gue ga ngomong duluan dalam bahasa Inggris, mereka pasti udah nyerocos dengan bahasa Tagalog mereka dan membuat gue langsung terbengong-bengong.

Mbak Erlia, kakak ipar gue, juga beberapa kali merasakan pengalaman yang sama. Bedanya dia ngalaminnya bukan di Manila, ataupun di kota manapun di Filipina. Tapi di Singapore. Kebetulan waktu itu dia lagi pake kaos bertuliskan Mabuhay., yang kalo ga salah "hai" dalam bahasa tagalog. *mohon dikoreksi jika salah.* Terus tiba-tiba dia disamperin seseorang yang langsung nyerocos dalam bahasa Tagalog. Tuh orang nyangka kalo kakak Ipar gue itu orang Filipin. Satu bahan celaan buat dia.

Disangka orang Filipin sama orang Filipin itu sudah biasa saking seringnya. *Terus apa donk yang tidak biasa?* Yang tidak biasa tuh disangka orang Filipin sama Orang Indonesia. Bangsa sendiri. Dan itulah yang terjadi pada gue . Disangka orang Filipin sama orang sebangsa. Tepatnya sama temen sekampus gue sendiri.

Pas lagi ngobrol-ngobrol soal pendapat pertama waktu ketemu pas orientasi sama temen-temen Indonesia di kampus, salah seorang temen gue ngomong begini.

si X :"Kalo si Risa ya, pertama kali gue ngeliat dia, gue kira dia bukan orang Indo."
Gue :"Lha terus loe nyangka gue orang mana?"
Si X :"Gue sangka loe tuh orang Filipin gitu."
Gue :

*Gantian gue yang dicela-cela*

2 comments:

KieN said...

masih mending dibilang orang filipina ..coba klo di bilang orang gila..huehehe ^^v

si tukang nyampah said...

hihihihihi...gimana kalo wiken ini kita nongkrong di lucky plasa...gue pake baju mabuhay...lo pake baju manila elo...hihihihihihi