Wednesday, January 30, 2008

:: semua karna ... ::

Yaaaaa... I'm broke.

Uhm... Actually, ga sekedar broke. Tapi defisit parah.

Arrrggggghhhhhhh...


Dari hari Senen kemaren, jatah gue tinggal jatah buat 1/2 minggu. Padahal masi ada seminggu lagi.

Kutu.

Ngirit mode : on. Dimulai dari bawa botol minum dari rumah. Manfaatkanlah tempat pengisian air minum gratis di kampus. Ternyata, tuh botol minum selaen bermanfaat buat ngirit duit, dia juga ngirit bawaan gue. Biasanya kan gue ke kampus bawa2 jaket *berhubung AC di kelas gue dinginnya kayak di kutub*, sekarang si botol lah pengahangat gue. Caranya? Isilah botol minum dengan air hangat. Pegang-pegang dan rasakan sendiri kehangatannya.

Nah sialnya.

Hari itu gue dibujuk-bujuk ama temen-temen gue buat ikut nonton. Gue ga pengen nonton, cuma ditarik-tarik ama temen-temen gue. Ikutlah akhirnya. Yah, tadinya gue mau nonton 27 Dresses. Tapi yang ada gue malah nonton The House *film setan Thailand gitu*. 75% dari tuh film, gue isi dengan kegiatan menutup muka dengan jaket dan tutup kuping terus ngomong ke temen samping gue, "Kalo udah ga serem bilangin gue yah". dan bagian yang ga seremnya doank itu yang gue tonton. *Kambing* Rasanya pengen gue jedot-jedotin ke tembok tuh temen-temen gue.

Sudah pasti tambah miskin saya.

Okay. Mulai besok harus lebih irit.

Jadilah hari Selasa nya gue bawa bekel dari rumah buat sarapan di kampus. Nasi pake tuna dipedesin dan telor ceplok. Kebiasaan gue, kalo pas break kelas, gue beli cemilan. Karna gue jarang sarapan di rumah. Kalo bawa bekel kan jadi ga usah beli makan pas break dan makan siang *pikiran gue*.

Ternyata. Jam 12, gue laper lagi. Padahal gue baru makan tuh nasi bekel jam setengah 11an. Biadab banget cacing-cacing di perut gue.

Akhirnya saya makan lagi mau ga mau.

Yang ada hobi gue sekarang adalah ngorek-ngorek celengan recehan gue untuk mencari sebongkah koin buat beli sesajen buat cacing-cacing di perut.

Sebelom tidur gue mikir. Apa si yang bikin pengeluaran gue gede banget kayak gitu. Padahal gue ga beli-beli barang apapun bulan ini.

Berpikir.
*tsah...*
Berpikir.
*tsah...*
Berpikir.

Yah... akhirnya aku menemukan pencerahan. Jawaban dari segala pertanyaanku. Ternyata tuh duit semua dihabiskan untuk makan. Jatah 4 minggu defisit semua karna buat makan dan segala cemil-cemilan sebanyak 4 kali sehari. Yah, wajar si. Semua orang butuh makan.

Tapi kan ga sedasyat gitu juga makannya kaleeee!!!!

Dan yang bikin gue ngerasa tambah rugi, kemana larinya itu semua?? Apa itu pengaruh dari kebiasaan gue yang boker ga lama setelah makan? Kalo kata salah satu temen gue, “Cepet juga ya pencernaanmu, Ris?” Ya jika dipikir dengan ilmiah, emang iya tuh boker hasil pencernaan dari makanan yang baru gue makan?

Sebiadab itu kah cacing-cacing di perut gue?

kelanjutan ceritanya...

Saturday, January 26, 2008

:: Kapan lagi? ::

Tadi pagi gue bangun jam 6 pagi.

Bangun di saat matahari belom keliatan *karna singapur korupsi waktu, jadi matahari nya terbit jam 7an*, di saat lampu-lampu di apartemen tetangga baru beberapa yang dinyalakan. Pertama kali selama sejarah kehidupan gue di Singapore.



Yah tadi pagi gue harus ikut tes SAT. *Apa ya kepanjangannya? gue juga ga tau* Pokoknya itu tes semacem tes TOEFL, cuma ada matematikanya dan Inggris yang mampu bikin gue pengen jedot-jedotin pala gue ke tembok karna ga ngerti. *menurut gue si begitu*.

Tes nya si mulai jam 8 pagi. Secara rumah gue termasuk pinggiran, jadilah gue harus bangun lebih awal.

Jam 7 kurang gue berangkat. Okay. Udah di bis. 5 menit di bis, gue dengan bodohnya teringat sesuatu. Gue lupa bawa KALKULATOR. Sambel. Kenapa penyakit lupa gue harus dateng disaat-saat kayak begini. Gue harus balik lagi. Langsung gue dengan reflekya turun dari bis yang emang lagi berenti di halte. Terus gue jalan ke halte sebrang buat balik lagi ke rumah.

Pas lagi nunggu taksi, gue ubek-ubek tas gue. Gue pegang tempat pensil gue. Kok ada yang keras-keras ya? ternyata itu kalkulator *Bikin gue pengen lari ke tengah jalan dan bunuh diri. Geblek.*. Terpaksa harus naek taksi ke tempat tes.

Sampe tempat tes, udah rame. semua pada pegang catetan, baca sana-sini, sambil nunggu ruangan dibuka. Gue? cuma cengar-cengir bengong, liat sana liat sini. Indahnya hidup *lalalala*

Tes dimulai. Sebelomnya kita disuruh nulis biodata kita yang pake dibuletin satu-satu pake pensil 2b *bikin gue pengen jedot-jedotin ke tembok orang yang nemuin tuh teknik bulet-buletin*. Lagi ngisi beginian, eh sempet-sempetnya ada bau kentut. Dan kaga ada yang ngaku lagi kalo dia kentut. Baunya biadab pula. Tapi jelas, bukan gue.

Sesi pertama langsung disuruh bikin esay. Lagi ngerjain esay, kok ada suara-suara aneh. *Krukkkk... ngiuukkkk... krocok krocok krocok* Ternyata perut gue ngoceh-ngoceh minta makan.

Sesi selanjutnya matematik. Sipp dah. Yah meskipun ada yang ga bisa juga. Sesi selanjutnya lagi, mulai ada bacaan-bacaan yang bikin kaga niat bacanya. Tulisannya kecil-kecil, panjang-panjang pula, terus udah gitu bahasanya suka rada aneh. Sekarang yang ada gue pengen ngegebukin dan ngejedot-jedotin ke siku-siku meja yang bikin tuh soal.

Sesi demi sesi pun berlalu. Bisa? *behh... yah bisa. Bisa bikin gue ngantuk saking ga ngertinya* . Sebenernya ikut tes ini juga ga ada beban apa-apa. Awalnya si ini buat daftar ke universitas negri di Singapur, tapi berhubung nilai sma gue yang kurang mencukupi, jadi rada ga guna juga kalo saya masukkin aplikasi ke sana. Jadi ya, kalo nilainya bagus ya sukur, kalo ga ya udah *meski gue juga masi berharap*. Yah tapi tetep aja gue harus ikut ni tes, berhubung udah daftar.

Kapan lagi loe bisa tes tanpa beban kayak gitu?

Jam 1. Selesaiii... Yippiee.. Cari makanan. Cuma itu yang ada di otak gue. Jalan ke centre point dan menemukan McDonald. Langsung masuk dan pesen fillet-o-fish meal di upsize kentang dan minumnya. Berasa menemukan seonggok air di padang pasir.

Abis itu, pulang. Di halte bis, gue nunggu bis sambil denger MP3. Tiba-tiba ada 1 cewek dan ibunya nyamperin gue dan ngajak ngomong.

Si Cewek : "Excuse me... We're going to Mustofa in Farrer Park..."
Gue : *Mustafa kali mbakkk...* (dalam hati)
Si Cewek : "Do you know which bus should I take?"
Gue : "Ohh... bus number 65. But you should go to the next bust stop."
Si Cewek : "Oh. okay." (terus dia ngomong ke ibunya) "Bus nomer 65 mah."
yah... ternyata dia orang indonesia . Yah gue si cuma senyam-senyum aja. berhubung mereka juga ga nyadar kayaknya kalo gue juga orang Indonesia.
Si cewek : "But which bus stop is it?"
Gue : "Next bust stop."
Si cewek : "Okay. Thank you." (terus dia ngomong ke mak nya, "Ya bener mah, harus ke halte yang selanjutnya."

Kapan lagi ngomong ama orang sebangsa pake bahasa Inggris?

kelanjutan ceritanya...

Friday, January 25, 2008

:: ahh... lagi mellow ::






Saya kangen SMA. Tempat dimana saya bisa menjadi saya yang apa adanya dan merasa diterima apa adanya. Saya kangen masa-masa itu.

Kangen sekali.

Saya kangen dengan kedongdongan yang saya lakukan, dengan para partner dongdong, yang mukanya terpajang di samping situ, yang dengan iklasnya menerima saya yang dodol begini.

Nyanyi keras-keras berasa artis lagi konser *dilakukan di foto yang ketiga itu*, gabung-gabungin meja *SMA saya mejanya sendiri-sendiri* dan main tebak-tebakan koin *yang kalah dihukum dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan geblek dan ga masuk akal*, belajar bersama sambil tidur-tiduran di lorong kelas pas lagi mau UAN

Saya suka mewek sendiri kalau lagi denger lagunya Vit C yang Graduation.

Pokoknya kangen Gonz. SMA Gonzaga.

*kesannya gue depresi banget ya di sini* hehehe.

*maaf ya kalo emang ga penting.*

kelanjutan ceritanya...

Saturday, January 19, 2008

:: itu hanya mitos karangan mereka ::

Hari Sabtu.

Saatnya bangun siang. Yippie. *Emang dasarnya loe aja yang males.*

Tadi pagi dibangunin sama kakak gue, diajakin ke Suntec city. Cuma entah kenapa, lagi kaga ada minat.

Akhirnya gue lebih milih di rumah. Mau tidur lagi, tapi udah kaga minat juga. Kunyalakan si laptop dan nonton heroes online. Sambil nunggu buffering, gue masuk kamar dan menyadari betapa kacaunya kamar gue.

Dan akhirnya, gue memutuskan untuk ... *dereng deng deng dereng...*


Beresin kamar.

Udah seminggu ditelantarkan. Yah, baru kepikiran doank sih, belom dikerjakan. Rada ga niat juga. Akhirnya, balik ke Laptop lagi, online dan chattinglah dengan si pacar.

Wickedsono sebagai si pacar
Risa sebagai gue

wick3dsono says:
kamu di ruang tamu

Risa says :
iya

Risa says:
abisnya tadi niatnya mau beresin kamar

wick3dsono says:
woooowww

wick3dsono says:
tumben?

Risa says:
jadi leptopnya aku keluarin dl

wick3dsono says:
ada angin apa de?

wick3dsono says:
kok bisa2 nya kamu beresin kamar?

Risa says:
yayaya

Risa says:
gada angin

Risa says:
cuma ujan deres

wick3dsono says:
hahha

wick3dsono says:
ujan?

Risa says:
puas?

wick3dsono says:
benran?

Risa says:
ga

Risa says:
ga ujan

wick3dsono says:
yeeeee

wick3dsono says:
dasar



Huh... akhirnya gue bener-bener niat. Untuk membuktikan, bahwa ga bakalan ada angin gede, ujan deres ato apapun yang disebabkan karna hari ini gue beresin kamar. Pokoknya untuk membuktikan semuanya hanyalah mitos hasil karangan mereka-mereka yang sering mencela dan menghina saya. Lagian, sekarang juga cuacanya lagi cerah dan terang benderang gini kok.

Okey. Gue beresin meja belajar gue. Buang-buangin kertas-kertas ga guna, meletakkan kembali barang di tempat yang semestinya dan ngelap tuh meja dari debu-debu yang bisa bikin paru-paru gue jadi terganggu. Abis itu, gantian meja rias yang diperlakukan yang sama. fiuhhh...

Selese itu,udah jam 4 sore. Mari kita mandi. Tapi, sekalian ah, ganti seprai tempat tidur. Jadi sekalian keringetan.

Tapi...

Tiba-tiba, kakak gue pulang.
Mas Andre : "Loe kaga kemana-kemana?"
Gue : "Kaga. Lagi males. Paling tadi abis beresin kamar."
Mas Andre : "Pantesan tadi cuacanya cerah, eh jadi mendung begini."

*Eh iya, kok mendung ya?*

Pas mandi, pintu kamar mandi gue yang emang rada dodol, dengan dasyatnya kebuka dengan sendirinya. Karna apa? Angin yang bertiup cukup kencang. Gue teriak-teriak sendiri dan maki-maki tuh pintu kayak orang geblek. Sedangkan si mas andre, udah kayak autis sama laptop gue di ruang tamu.

Setelah itu, tentu saja hujan.

*selamatkan celana jeans di jemuran...*

begitulah yang terjadi hari ini.

Kesimpulannya, hujan dan angin yang bertiup cukup kencang disebabkan karna gue secara ajaibnya beresin kamar Tuh ujan ato angin kencang emang karna lagi musimnya. Udah beberapa hari ini Singapore emang suka begitu, cerah di pagi hari, trus ujan deres di siang ato sore hari. Tuhan, luruskanlah pikiran mereka yang membaca postingan ini. Biarkan mereka menggunakan akal sehat mereka.

kelanjutan ceritanya...

Friday, January 18, 2008

:: Ini saya kerjakan PR nya ::

Dapet PR lagi dari si Lugas bangkrib.

Males ngerjainnya. Tapi yah, ujung-ujungnya gue kerjain juga.

Okay. Dan inilah dia. 8 Facts about Risa... *dereng deng deng deng deng deng...*


1. Males.
Kalo liat kamar gue, anda pasti akan mengerti.

2. Pelupa.
Agaknya yang ini udah tingkat akut. Silahkan liat di sini untuk contoh kongkritnya.

3. Gampang terharu.
Suka nangis kalo nonton film yang sedih-sedih, inget sesuatu yang emang bikin sedih, ato liat suatu hal yang menyentuh hati *bahasa loe...*. Cemen ya? Tapi yah begitulah.

4. Suka minum coke.
gue tau ini ga sehat. Tapi kenyataannya, gue lebih suka minum coke daripada minum aer putih. Haduhh, musti berusaha mengurangi.

5. Ga suka nontong film bunuh-bunuhan yang sadis.
Suka-suka aja nonton film perang, tapi gue ga suka liat adegan bunuh-bunuhannya *lhoo... gimana caranya coba?* Yang paling penting, jangan harap gue mau diajak nonton SAW 1,2,3. Mending gue beresin kamar gue yang super brantakan daripada nonton ini film.

6. Cadel.
Waktu kecil, cadel gue parah. Ga bisa ngomong D, T sama R. Sekarang, yang R masi lah dikit-dikit. Padahal nama gue sendiri pake R. Dari situlah asal mula nama blog ini.

7. Ga suka gelap.
Kalo tidur, ga pernah matiin lampu kamar. Kalo tuh lampu dimatiin, yang ada gue malah kaga bisa tidur.

8. Dodol.
Ike, bisa minta tolong dijelaskan. *males ngomongnya.*

Tuh udah aku kerjain PR nya.

Sekarang, saya mau ngelempar ini PR ke kakak ipar saya tercintah aja, Mbak Erlia. Silahkan menikmati...

kelanjutan ceritanya...

Thursday, January 17, 2008

:: Ayam bakar enak rahasianya pasti pake ... ::

Tadi sore.

Mbak Erlia : "Cha... angkatin tuh jemuran loe."
Gue : "Hah???!!! emang ujan? Iya bentar gue lagi kuteks-an"
Mbak Erlia : "Cepetan, sebelom bau ayam."
Gue :

Pas gue keluar kamar, whuaaaa... rumah gue asepan (baca : penuh asep), gue sesek napas, susah ngeliat dan yang nambah parah, tuh asep bau ayam. Gue jalan ke dapur sambil megap-megap dan menemukan si Mbak Erlia lagi manggang ayam pake alat pemanggang yang ditaro langsung di atas kompor yang baru dia beli setelah sebelomnya gagal dengan percobaan bakar ayam pake penggorengan teflon.


Langsung gue menyelamatkan jemuran-jemuran gue yang untungnya udah kering. Sip urusan jemuran kelar, gue balik ke kamar lagi. nutup pintu kamar *menyelamatkan diri dari asepbauayam*, dan lanjutin kuteks-an lagi.

10 menit kemuadian, gue keluar kamar. Asep makin menggila. Gue ngeri aja kalo nanti ada tetangga gue yang dateng bawa alat yang buat matiin api pas kebakaran itu? Ato gimana kalo nantinya ada orang India protes karna mereka ga terima bau tuh ayam bakar nyaingin bau kari mereka?

Gue ke dapur, nyamperin mas andre yang lagi berdiri deket jendela, berharap udara buat napas.
Gue : "Arrrggghhhh..." (sambil ngeliatin kuku gue yang baru berhasil gue kuteks-in tapi jadi berantakan kuteksnya karna nyenggol jendela)
Mas Andre : (sambil ketawa) "Makanya, sok-sokan si loe. Kaga biasa pake kuteks aja sok-sokan pake kuteks."
Gue : (kabur balik ke kamar)

Gue perbaikin dah tuh kuteks. Padahal daritadi gue udah berusaha dengan sekuat tenaga buat nguteks-in tuh kuku tangan gue. *Padahal cuman kuteks yang warnanya bening, yang kalo pake nya belepotan seenak udel, kaga keliatan juga.*

Akhirnya sukses gue perbaikin dan gue tiup-tiup supaya cepet kering. Ih kuku gue jadi bersinar. *eN O eR A Ka. Najis ah, lenje abis.*

Mbak erlia : "Cha, makan yok. Udah mateng ayamnya."
Gue : "Ayo..."

Makan.
Behhhh..., nasi panas pake ayam bakar. Makanya pake tangan. Seeeppp dahh...
Makan.
Ayam nya enak abis. Tambah sambel terasi. Sabiiii... Ahoy dah.
Makan.
Lho kuku gue kok ga bersinar-sinar lagi?

Wuanjoy, kuteksnya belom kering dan ilang gitu aja pas gue makan. Dengan kata lain, tuh kuteks nyampur ke makanan gue dan berpadu bersama buat masuk ke perut gue.

Gue : "Eh kuteks gue ilang."
Mbak Erlia : (ketawa) "Yah itu yang bikin tambah enak."
Gue : "Ah bodo ah, tukang bengkel makan oli aja kaga mati." (sambil ngabisin makanan gue)


kelanjutan ceritanya...

Tuesday, January 15, 2008

:: Sepatu tercintah ::



*Ayo ayo tebak apa warna aslinya?*



Jawabannya adalah... *deng dereng deng deng deng deng...*

...PUTIH...


Gue emang memegang teguh bahwa sepatu converse makin gembel makin mempesona *yah setidaknya mempesona di mata gue lah*, jadilah ni sepatu udah ga pernah dicuci sejak gue pindah ke Singapore. Yah udah sekitar 6 bulanan berarti. Padahal hampir tiap hari ini sepatu menemani langkah-langkah kaki gue ke kampus. *ceilahhh*

Dan hari ini, *eng ing eng* ni sepatu kebasahan karna gue banjir-banjiran, berhubung tadi ujan deres banget disertain angin kencang *yang hampir bikin gue terbang bersama payung hasil minjem dari temen gue*. Jangan mikir banjir kayak di Jakarta, cuma ada genangan air yang cukup bikin sepatu gue ini terendam dan basah semua. Sampe rumah, gue putuskan untuk, dicuci. Ya, dicuci.

Udah pake detergent, pake pemutih, nyikat-nyikat ampe tangan dan punggung gue pegel, hasilnya yah kaga putih juga *ngarep bener gue*, yang ada malah rada keabu-abuan warnanya. Kayaknya cuma keajaiban yang bisa bikin dia putih seperti semula. Setidaknya lebih sedikit beradab. Sekarang tuh sepatu malah masih gue jemur, jemur di kamar mandi. *kapan keringnya ya? suka jenius lho gue*

Sorenya gue pamer-pamer ama kakak gue.

Gue : "Mas Andre, tadi donk gue nyuci sepatu gue yang putih itu."
Mas Andre : "Hah? sepatu loe yang mana si?"
Gue : "Yang converse putih itu."
Mas Andre : "Yang mana?"
Mbak Erlia : "Itu lho, sepatu converse yang sering dia pake."
Mas Andre : "Oh... jangan bilang yang putih napa. Itu mah bukan putih. Abu-abu tuh."
Gue :

kelanjutan ceritanya...